SI Mart

Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), bisnis ritel atau usaha eceran di Indonesia mulai berkembang pada kisaran tahun 1980 an seiring dengan mulai dikembangkannya perekonomian Indonesia.

Industri ritel di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan semakin banyaknya pembangunan gerai-gerai  baru di berbagai tempat. Kegairahan para pengusaha ritel untuk berlomba-lomba menanamkan investasi dalam pembangunan gerai-gerai baru  tidaklah sulit untuk dipahami. Dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas 3% sejak tahun 2000 dan makin terkendalinya laju inflasi, bisa menjadi alasan mereka  bahwa ekonomi Indonesia bisa menguat  kembali di masa mendatang.

Ramainya industri ritel Indonesia ditandai dengan pembukaan  gerai-gerai baru yang dilakukan oleh pengecer asing seperti Makro (Belanda), Carrefour (Perancis), dan Giant (Malaysia, yang kemudian juga digandeng oleh PT Hero Supermarket Tbk), yang tersebar di kota- kota besar seperti Jakarta, Makassar, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan lain sebagainya. (Jurnal Bisnis Ekonomi, Vol 15 No 2 Tahun 2008)

Saat pandemi covid-19 mewabah dunia, Indonesia mengalami dampak penurunan ekonomi akibat regulasi pembatasan aktivitas manusia. Menurunnya daya beli menyebabkan perdagangan ritel menjadi lesu berujung pedagang ritel besar harus menutup semua gerai karena fixed cost tidak mampu tertanggulangi.

 SI Mart

SI Mart (Syarikat Islam Mart) adalah gerai ritel yang diinisiasi oleh DPC Syarikat Islam Kota Bekasi diawali dengan pendirian Koperasi Bina Mitra Sari. Dari koperasi inilah peran anggota sebagai pemilik gerai sekaligus captive market.

Setiap Gerai SI Mart memiliki 50 warung binaan. Benefit yang langsung didapatkan dari anggota tentu atas setiap transaksi penjualan dari selisih harga jual disamping Sisa Hasil Usaha.

Itulah kenapa SI Mart tangguh saat adanya pandemi karena anggota koperasi adalah sebagai modal yang paling utama. 

Saat ini SI Mart baru memiliki 2 gerai berada di kota Bekasi. SI Mart adalah model bisnis ritel yang terus dikembangkan oleh Syarikat Islam, kedepannya akan hadir gerai-gerai baru di seluruh tanah air.

Leave a Reply